Artikel » Pentingnya menggunakan teknologi pembersih udara

 

Air conditioning (AC) sekarang ini bukanlah barang mewah lagi. AC sekarang ini bahkan menjadi barang wajib dalam sebuah rumah tangga layaknya televisi dan mesin cuci. Meski harga AC sekarang sudah terjangkau, kualitasnya justru semakin memukau. AC tak hanya berfungsi sebagai mesin pendingin ruangan, tapi juga mendukung meningkatkan kualitas kesehatan.
 
Salah satu contoh teknologi yang mendukung kesehatan adalah teknologi multi-filter yang ditanamkan dalam AC. Filter di AC tak hanya berfungsi untuk membersihkan udara, tapi mematikan kuman, bakteri hingga virus. Bahkan virus ganas seperti flu burung dan flu babi bisa dimatikan dengan teknologi filter AC terbaru menurut klaim perusahaan AC. Pilihlah AC dengan teknologi filterisasi yang bisa memperbaiki kualitas udara dalam ruang seperti filter yang menghembuskan ion negatif.  
 
Selain AC Anda juga bisa menggunakan air purifier untuk menjaga kebersihan dan kesehatan udara di rumah Anda. Air purifier, meski bentuknya lebih kecil, tapi manfaatnya lebih ampuh dari AC. Berbeda dengan AC yang tujuan utamanya untuk mendinginkan ruangan, air purifier memang didesain untuk memurnikan udara dalam ruangan. Air purifier akan menyebarkan ion negatif ke seluruh penjuru ruangan. Ion negatif ini sendiri berfungsi untuk menetralkan gas berbahaya yang ada di dalam ruangan. 
 
Tapi ingat, jangan lupa untuk membersihkan filter AC atau air purifier secara rutin. Sebab, filter yang kotor justru bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. “Jika AC tidak dirawat dengan benar dan jarang dibersihkan (filternya), justru akan menjadi sarang mikrobilogi penyebab alergi,” ujar Garrett Doug, President of Building Performance and Comfort, Texas. 
 
Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membeli produk AC adalah bagaimana ruangan tempat AC diletakkan. Sesuaikan luas ruang dengan daya AC. Ada rumus sederhana yang dikemukakan oleh dosen Teknik Elektro UI Iwa Garniwa mengenai kepasitas AC (PK) berbanding dengan ruang. Rumusnya sebagai berikut: PK-AC= PXLX(T/3)X0,007=…. PK. Misalnya ruang berukuran panjang 4 meter, lebar 3 meter dan tinggi 3 meter, maka kapasitas efektifnya ¾ PK. Angka tersebut di dapat dari 4X3X (3/3)X0,07=0,83. Jadi kapasitas yang paling mendekati 0,83 adalah 0,75 atau ¾ PK. 
 
Pilih AC atau air purifier berteknologi canggih yang bisa mendukung kesehatan pernafasan Anda. Selain itu, pilih yang berteknologi inverter agar tetap hemat energi dan tagihan listrik tidak membengkak.
Pentingnya menggunakan teknologi pembersih udara

  Air conditioning (AC) sekarang ini bukanlah barang mewah lagi. AC sekarang ini bahkan menjadi barang wajib dalam sebuah rumah tangga layaknya televisi dan mesin cuci. ... » Read more

Products & Accessories